Wednesday 9 January 2013

gadged

Gadget yang saat ini beredar dan merebak di banyak lapisan masyarakat menimbulkan beberapa gejala sosial baru di masyarakat kita. Sebagian orang menjadikan Gadget hanya berfungsi sebagai Gaya Hidup (lifestyle) semata, dan oleh sebagian yang lain Gadget dianggap sebagai sebuah kebutuhan.
Untuk bisa melihat secara jelas dan menilai kapan sebuah Gadget berfungsi sebagai Gaya dan kapan berfungsi sebagai Kebutuhan perlu memperhatikan aspek berikut:
Gadget sebagai Gaya Hidup
Di beberapa kalangan Gadget akan hanya berfungsi sebagai gaya hidup (lifestyle) ketika pemanfaatan dari fitur di sebuah Gadget di gunakan oleh kelompok masyarakat yang tidak tahu fungsi dari fitur yang ada di Gadget. Hal ini bisa di contohkan pada seorang anak ABG (Anak Baru Gede) yang ingin dibelikan Gadget karena alasan supaya terlihat keren dan ingin di puji teman-teman di sekolahnya.
Apa yang di contohkan diatas menunjukan bahwa ABG tersebut dari awal memberi Gadget memang tidak berdasarkan atas kebutuhan Gadget namun lebih kepada faktor Gaya Hidup semata.
Saat ini banyak orang khususnya di kalangan remaja terjebak dalam posisi seperti ini, dimana mereka (ABG) membeli Gadget hanya lebih dikarenakan faktor Gaya Hidup semata. Hal ini tentunya sangat disayangkan sekali. Jika seorang ABG saat membeli sebuah Gadget hanya berdasarkan Gaya Hidup semata, dikhawatirkan penggunaan Gadget hanya akan berfungsi sebagai sarana Bermain Game, Facebookan, Twitteran, dan yang lebih berbahaya lagi adalah akses ke situs-situs porno yang itu akan merusak pola pikir remaja tersebut.
Dalam hal ini dibutuhkan peran orang tua supaya mengawasi dan mendampingi anak-anak mereka, sejauh mana seorang anak saat membeli sebuah Gadget harus di sesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya. Jika perlu orang tua harus mengarahkan dan mengarahkan kepada anak-anak mereka untuk menggunakan fitur dan fasilitas yang ada di Gadget untuk kebutuhan yang bermanfaat.
Gadget sebagai Kebutuhan
Sebuah Gadget bisa dikatakan sebagai Kebutuhan memiliki ciri yang mungkin setiap orang akan berbeda-beda dalam memahaminya. Namun dari beberapa kasus bisa dilihat berdasarkan profesi dan jenis pekerjaan seseorang.
Beberapa jenis profesi dan pekerjaan yang dimaksud antara lain:
Wartawan
Seorang wartawan dimana akses informasi begitu cepat seperti sekarang, tentunya pekerjaan juga menuntut sebuah berita yang selalu update. Dengan demikian tentunya memiliki Gadget adalah kebutuhan yang saat ini mutlak diperlukan.
Profesi di Bidang IT (Programmer, Bloger, Marketing Online, dll)
Mereka yang setiap hari bergelut dengan urusan IT khususnya yang selalu online, memiliki Gadget tentunya sebuah kebutuhan yang teramat sangat penting. Hal ini dikarenakan memang Gadget sendiri adalah bagian dari alat profesi mereka untuk mempercepat dan memperlancar pekerjaan mereka.
Pebisnis (Pengusaha)
Seorang pengusaha di bidang apapun, seharusnya di era sekarang ini memang harus memiliki gadget untuk memperlancar usahanya. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan fitur-fitur dan fasilitas Gadget seorang pengusaha bisa memiliki waktu lebih banyak menjalankan usahanya dimanapun berada.
Lain-lain
Profesi lain-lain yang saya maksud adalah semua jenis profesi apapun jika memang yakin dan bisa memanfaatkan adanya gadget untuk mensuport pekerjaan dan aktifitasnya, maka sesungguhnya adanya Gadget bisa menjadi kebutuhan.
Misalnya profesi seorang Petani, profesi petani mungkin oleh banyak orang dianggap sebagai profesi yang tidak atau belum membutuhkan gadget untuk mensuport pekerjaanya. Namun untuk seorang Petani yang memiliki pola pikir dan kemampuan yang cerdas, sebuah Gadget bisa menjadi kebutuhan untuk mempromosikan hasil pertanianya melalui internet dengan Gadget yang dia miliki. Bahkan bukan hanya untuk memasarkan hasil pertanian seorang petani jika bisa memanfaatkan Gadget bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang lain.
Dari pemaparan tersebut bisa disimpulkan bahwa yang menentukan sebuah Gadget dikatakan sebagai Gaya Hidup atau Kebutuhan lebih di tentukan dari Tujuan dan Fungsi dari seseorang dalam memanfaatkan Gadget melalui fitur dan fasilitas di dalamnya.

No comments:

Post a Comment