Wednesday 9 January 2013

kota paris

Siapa sih yang nggak tahu Paris? La ville des lumières ini nampaknya sudah sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Ada yang bilang Paris itu romantis, sehingga tidak sedikit orang yang menjadikan Paris sebagai sasaran berbulan madu mereka, atau setidaknya tempat untuk wisata.
Mendengar kata Paris, tentu saja pikiran kita tidak lepas dari La Tour Eiffel, menara kokoh dan cantik ini berhasil menarik ribuan wisatawan setiap harinya. Biasanya menara ini merupakan tujuan paling pertama para wisatawan. Namun, tidak lengkap rasanya jika kita tidak naik hingga puncak atasnya. Dengan bermodal 12 euro, kita dapat menikmati pemandangan indah seluruh Paris dari puncak Eiffel.  Namun, harus memiliki kesabaran ekstra ketika mengantri untuk beli tiket dan mendapat giliran lift nya.
Untuk mengelilingi kota Paris, dapat menggunakan navette, atau seperti bis wisatawan yang mengelilingi hampir seluruh objek wisata di Paris, harganya bervariasi, tergantung paket yang diambil. Alternatif lain adalah menggunakan batobus, batobus adalah kapal besar yang melintasi sungai Seine, yang jalurnya memang mengelilingi kota Paris Intramuros. Namun kekurangannya, kita tidak bisa turun untuk mengambil foto atau melihat peninggalan sejarah di setiap objek wisata, tapi hanya melintasi saja. Atau bagi para backpacker yang menginginkan harga lebih murah, bisa menggunakan metro dan RER dengan membeli tiket untuk sehari. Tidak usah meragukan transprotasi di Paris, metro dan RER nya selalu ada tiap 4 menit sekali, dan hampir tidak pernah telat. Tapi jika anda memilih opsi yang terakhir ini, pastikan kaki anda kuat untuk berjalan dan berdiri di metro, karena memang budaya di Paris seperti itu. Dan pastikan juga anda cukup pandai dalam membaca peta jalur transciliens metro dan RER tersebut, karena sangat berbeda dengan di Indonesia, metro merupakan sarana transportasi utama di Paris, jumlahnya sangat banyak dan menghubungkan ratusan stasiun di kota tersebut.

No comments:

Post a Comment